Minggu, 04 April 2010

FENOMENA FACEBOOK DAN PERAWAT DI TANAH AIR

Facebook, salah satu situs jejaring sosial & pertemanan, saat ini amat populer di tanah air. Tidak terkecuali di kalangan perawat.

Kalau kita amati, tidak kurang dari lima grup yang mengatasnamakan perawat. Grup tersebut ada yang serius namun ada pula yang tidak serius. Keseriusan tersebut bisa kita lihat dari seberapa pedulinya para 'pendiri dan pengurus" grup tersebut untuk memutakhirkan informasi. Selain itu, dapat pula dilihat dari intensitas diskusi dan bobot tema diskusi yang ditampilkan.

Grup facebook yang mengatasnamakan perawat misalnya :
1. PPNI (pengurus:Achir Yani S Hamid dan Arif Wicaksono)
2. PPNI (pengurus:Anang Satrianto)
3. PPNI (pengurus:Muhammad Ilyas,Lilik Utami Massie,Halid Barham Masulili (pendiri)


4. PPNI Kota Bontang Kaltim
5. PPNI Belanda.
6. Jaringan Keperawatan Indonesia
7. HIPGABI
8. HIPKABI
9. HIPERCCI
10. dll

Kehadiran, grup facebook tersebut memberi suasana baru dalam hal komunikasi antar sesama perawat, baik perawat di tanah air maupun dengan perawat di luar negeri.

Grup yang dibangun di facebook dapat bersifat terbuka, terbatas atau bahkan rahasia. Grup perawat yang dibuat di facebook kebanyakan terbuka. Oleh karena sifat terbuka tersebut, maka mungkin saja grup perawat tersebut dimasuki oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sebenarnya bukan perawat, tetapi mengaku-aku sebagai perawat. Yang mengkhawatirkan adalah apabila oknum tersebut menuliskan opini yang menyesatkan dan meresahkan di wall atau forum diskusi.

Kalau opini tersebut tidak dicounter oleh pengurus PPNI yang bertanggung jawab dan mengetahui duduk persoalannya secara benar, maka opini tersebut bisa menjadi blunder dan kontraproduktif. Contohnya ada opini atau tulisan yang menghujat PPNI, mengejek PPNI. dlsb.

0 komentar:

Posting Komentar

Download MARS PPNI

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons