Rabu, 30 Maret 2011

Perawat Jangan Lukai Pasien dengan Kata-kata

Para perawat harus menjaga prinsip-prinsip respek dan etika pelayanan kepada pasien.

Termasuk prinsip normal atau tidak melukai pasien dengan kata-kata, sikap yang membuat pasien sedih, marah, membiarkan pasien sendiri dalam kamar dan tidak pernah dikunjungi.

Perawat juga harus jujur dan tulus dalam melakukan pelayanan terhadap pasien serta mampu memanipulasi lingkungan agar pasien bisa nyaman dengan lingkungan yang sehat dan bersih.

Demikian pesan Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kupang, Drs. Jeffryn Sambara, A.Pt, M.Si, pada acara Caping Day dan Pengucapan Janji Kepaniteraan yang diikuti 158 mahasiswi Jurusan Keperawatan Poltekes Menkes Kupang Angkatan XIX Tahun Ajaran (TA) 2010/2011. Kegiatan itu dilakukan di Aula Jurusan Keperawatan akhir pekan lalu.

Hadir saat itu Pembantu Direktur I dan II, Ketua Jurusan Keperawatan, Margaretha UW, SKP, MH,Sc, para utusan dari Jurusan Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, para dosen dan pegawai di lingkup Jurusan Keperawatan dan ratusan mahasiswa Keperawatan.

Menurut Sambara, Caping Day selalu dilakukan oleh perawat karena ada sejarah dan janji yang sudah ditorehkan oleh pendahulu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Seragam putih dari para perawat merupakan identitas yang harus dipertahankan karena warna putih memberi makna terhadap jiwa para perawat yang bersih. Untuk itu, para perawat harus tetap menjaga identitas dengan selalu mengenakan papan nama sebagai identitas formal. Ia juga mengingatkan kepada para perawat agar jangan menyepelehkan identitas karena bisa dikatakan perawat palsu.

Ketua Jurusan Keperawatan, Margaretha UW, SKP, MH, Sc, mengatakan, sebelum seorang calon perawat terjun melakukan praktek kerja lapangan (PKL), mereka harus menjalani caping day dan janji kepaniteraan. Kegiatan ini juga untuk mengenang pengorbanan seorang perawat bernama Florens Land, yang mendedikasikan dirinya secara utuh untuk para korban perang saat zaman Perancis.

Margaretha mengatakan, perawat juga harus menjaga kerahasiaan dalam melaksanakan praktek di lapangan, mentaati perintah dokter. Perawat dan pekerja kesehatan juga harus mampu memanipulasi lingkungan agar orang sakit bisa hidup dan berada pada lingkungan yang baik dan bisa sehat kembali.

Editor: Alfred Dama   |  Sumber: Pos Kupang

0 komentar:

Posting Komentar

Download MARS PPNI

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons